Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Tenaga Kerja (Naker) Kabupaten Nganjuk menggelar kegiatan Pelatihan Kompetensi.

Acara pelatihan dibuka langsung oleh Plt Kepala Dinas Naker Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda, pada Kamis (7/9/2023) di PT Kerta Rajasa Raya, Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

Plt Kepala Dinas Naker Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda mengatakan, kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Nganjuk yang masih cukup tinggi.

“Pelatihan ini dibiayai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2023,” terang Samsul Huda.

Plt Kepala Dinas Naker Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda foto bersama narasumber dan peserta pelatihan kompetensi
Dikatakannya, bahwa, saat ini, investasi di Kabupaten Nganjuk sedang tumbuh sehingga harapannya dapat memberikan kontribusi untuk mendongkrak perekonomian di Kabupaten Nganjuk.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk terus berupaya mengembangkan Kawasan Ekonomi Nganjuk (KEN) perkotaan dan pengembangan ekonomi secara menyeluruh di setiap kecamatan,” bebernya.

Untuk itu, kata Samsul, momentum tersebut menjadi peluang bagi para pemuda Nganjuk yang mencari lowongan pekerjaan.

“Kita berharap, dengan mengikuti pelatihan ini, adik-adik bisa meningkatkan kompetensi untuk memenuhi syarat yang ditentukan oleh perusahaan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja, Ninuk Siwi Suhartati menambahkan, pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta dari masyarakat Nganjuk.

“Pelatihan digelar selama 10 hari yaitu mulai tanggal 7 – 16 September 2023,” terang Siwi sapaan akrab Ninuk siwi Suhartati.

Menurutnya, proses pelaksanaan pendidikan dan pelatihan keterampilan diperuntukkan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi.

Penyerahan cideramata dari Dinas Naker Kabupaten Nganjuk kepada peserta pelatihan kompetensi
“Dalam pelatihan ini, kita mengundang narasumber dari Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga Anggota Komisi IV, Trisna Rosita dan Kabag SDM Ekbang Nganjuk, Muji Subagyo,” terangnya.

Sedangkan untuk instruktur, kata Siwi, berasal dari PT Kerta Rajasa Raya.

“Semoga, setelah pelatihan selesai, perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan,” tandasnya.

Terpisah, Pelaksana Lapangan PT Kerta Rajasa Raya, Slamet Widodo mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemkab Nganjuk khususnya Dinas Naker Kabupaten Nganjuk yang telah menggelar pelatihan kompetensi ini.

“Semoga, dengan pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi peserta maupun perusahaan,” harapnya.

Menurut Slamet, dalam pelatihan ini, instruktur dari PT Kerta Rajasa Raya memberikan beberapa materi yaitu tentang soft skill dan hard skill.

“Peserta juga diberikan materi berupa praktek yaitu bagaimana cara untuk memasang benang, menjahit, pengoperasian mesin hingga finishing,” tukasnya.

Diketahui, PT Kerta Rajasa Raya adalah salah satu perusahaan industri yang bergerak dibidang manufaktur yang memproduksi karung plastik.(NW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *